Jakarta – Irjen Refdi Andri selaku Kakorlantas Polri sudah berikan prediksinya terkait pergerakan arus mudik Lebaran 2019 yang akan dimulai tadi malam. Dia juga memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2019 akan terjadi pada H-3 hari raya Idul Fitri.

Arus Mudik Diperkirakan Akan Dimulai Malam Ini

Saat ditemui kemarin, Refdi menuturkan bahwa “Malam ini sudah mulai ada pergerakan (arus mudik) tetapi belum pergerakan yang signifikan,”

“Karena hari ini belum dilakukan perbatasan terhadap kendaraan angkutan barang. Pembatasan pada kendaraan angkutan barang mulai diberlakukan pada tanggal 30 selama beberapa hari sebagaimana kebijakan Kemenhub yang sudah disampaikan dan disosialisasikan. Jadi pembatasan untuk angkutan barang itu mulai 30, 31, 1 dan tanggal 2,” kata Refdi.

“Mudah-mudahan pada saatnya truk truk yang kita lihat ini baik pada ruas tol, tidak kita lihat lagi truk-truk yang utamanya 3 sumbu ke atas, kecuali untuk bahan pokok, untuk ternak, pupuk dan sebagainya, memang kita berikan prioritas,” ujar Refdi.

“Puncak arus mudik sebagaimana yang kita analisa dan evalausi tahun ke tahun puncak arus mudik itu walaupun pemerintah memberikan libur nasional dan cuti bersama yang panjang tetapi puncak mudik adalah h-3,” tuturnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)