Home > Ragam Berita > Nasional > Lukman Hakim Berikan Tanggapan Masalah Jual Beli Jabatan

Lukman Hakim Berikan Tanggapan Masalah Jual Beli Jabatan

Jakarta – Kementerian Agama enggan menanggapi dakwaan Komisi Pemberantasan Korupsi yang menyebut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menerima duit dalam kasus jual-beli jabatan. Kemenag menyatakan materi hukum sebaiknya dijelaskan di persidangan.

Lukman Hakim Berikan Tanggapan Masalah Jual Beli Jabatan

“Karena ini berkaitan dengan materi hukum, nanti di persidangan akan dijelaskan,” kata Kepala Humas dan Informasi Kemenag Mastuki, melalui pesan teks, Rabu (29/5/2019).

Sebelumnya, nama Lukman Hakim disebut dalam dakwaan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur nonaktif Haris Hasanudin. Jaksa KPK menyatakan Haris menyuap mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy dan Lukman hakim dengan total uang Rp 325 juta. Dari jumlah itu, KPK menyebut Lukman menerima Rp 70 juta. Haris memberikan uang itu agar Lukman membantunya terpilih menjadi pejabat tinggi di Kemenag.

“Romy dan Lukman Hakim Saifuddin melakukan intervensi baik langsung maupun tidak langsung terhadap proses pengangkatan terdakwa sebagai Kepala Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur,” kata jaksa KPK, Wawan Yunarwanto di pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu, 29 Mei 2019.

Saat diperiksa KPK dalam kasus ini, Menteri Agama Lukman Hakim mengakui menerima Rp 10 juta dari Haris saat bertandang ke Pesantren Tebu Ireng. Ia mengaku sudah menyerahkan uang itu ke KPK sebagai laporan gratifikasi. Akan tetapi, KPK emoh menganggap laporan itu sebagai gratifikasi, karena Lukman melaporkannya setelah proses penyidikan terhadap Haris dan Romy sudah dimulai. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jenazah Ibu Ani Yudhoyono Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Jenazah Ibu Ani Yudhoyono Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Jakarta – Jenazah mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono yang meninggal pada hari ini, Sabtu (1/6/2019), ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135