Aalst – Legenda Honda, Alex Criville, menyebut rider Repsol Honda saat ini, yakni Marc Marquez, sebagai pembalap yang cerdas. Hal itu ia ungkapkan lantaran melihat Marquez mampu mengatasi race yang sulit sekali pun dengan sangat baik di setiap seri balapannya.

Alex Criville Nilai Marquez sebagai Pembalap yang Hebat

Marc Marquez

Kecerdasan Marquez itu kembali terlihat oleh Criville saat The Baby Alien –julukan Marquez– mentas di MotoGP Prancis 2019 pada Minggu 19 Mei 2019 yang lalu. Pada GP Prancis tersebut, Marquez diketahui sempat mengalami kendala terhadap ban motornya di tengah balapan berlangsung. Namun, permasalahan ban itu ternyata mampu diantisipasi dengan baik oleh Marquez, bahkan ia akhirnya menjadi pemenang di seri kelima MotoGP 2019.

Hal itu dirasa Criville sudah membuktikan betapa cerdasnya Marquez dalam menemukan solusi permasalahan yang dialaminya ketika balapan sedang berlangsung. Ia pun menilai pembalap berpaspor Spanyol itu memiliki tekad kemenangan yang amat kuat, jadi wajar saja bila Marquez merupakan rider terbaik saat ini.

“Sekali lagi, Marquez menunjukkan dirinya memiliki tekad yang kuat saat tampil di motor Honda (ketika balapan di MotoGP Prancis 2019). Itu adalah balapan yang rumit, namun (dengan kecerdasannya) dia berhasil melalui hal tersebut dengan sangat baik, terutama ketika bannya mengalami permasalahan,” cerita Criville, mengutip dari Marca, Selasa (28/5/2019).

Criville sendiri memang sudah lama memantau Marquez. Sebagai legenda Honda, ia pun menantikan bagaimana kiprah Marquez di musim ini yang diduetkan dengan pembalap hebat lainnya, yakni Jorge Lorenzo.

Duet Marquez-Lorenzo memang mengingatkan kembali akan pasangan Criville dengan Mick Doohan pada musim 1994-1999. Kala itu, Doohan dan Criville menampilkan persaingan sengit disetiap balapan meskipun mereka sama-sama satu tim di Honda. (Tita Yanuantari – harianindo.com)