Jakarta – Sebuah survei dari Columbia University dan USC menemukan lima negara terbaik untuk menghabiskan masa tua Anda.

Negara Terbaik untuk Menghabiskan Masa Tua Anda

Masa Tua

Survei itu mengembangkan sebuah barometer baru yang mengestimasi bagaimana negara di seluruh dunia beradaptasi dengan peningkatan dramatis dalam poris usia emas di masyarakat.

Indeks yang melibatkan indikator sosial dan ekonomi tersebut merefleksikan status dan kesejahteraan para lansia di sebuah negara. Beberapa hal yang diperhitungkan adalah produktivitas dan keterlibatan, kesejahteraan, kesetaraan, kohesi, dan keamanan.

Norwegia berada di peringkat pertama disusul dengan Swedia, Amerika Serikat, Belanda, dan Jepang. “Melihat jumlah lansia yang lebih banyak daripada yang diperkirakan, sangat pentingbagi kita untuk berfokus pada karakter individu dan lingkungan langusng mereka agar bisa membuat strategi bagi seluruh masyarakat supaya berhasil beradaptasi dengan dengan populasi yang tua,” ungkap Professor John Rowe, MD.

Norwegia sendiri merupakan negara nomor satu dalam World Happiness Report tahun ini, disusul oleh Denmark, Islandia, Swiss, dan Finlandia.

“Menariknya, Indeks menunjukkan bahwa Amerika Serikat yang mengalami masalah dengan ketidaksetaraan dan kohesi sosial, memperlakukan masyarakat lansia dengan baik agar mereka aman secara finansial, produktif, dan terlibat,” ungkap Dana Goldman, PhD, dari USC Schaeffer Center for Health Policy & Economics.

Indeks itu memberikan pandangan akurat tentang bagaimana seberapa baik lingkungan beradaptasi dengan populasi yang semakin banyak itu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)