Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Merawat Laptop Agar Kantong Tidak Jebol

Tips Merawat Laptop Agar Kantong Tidak Jebol

Jakarta – Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, alat elektronik seperti laptop kini bukan lagi menjadi barang mewah, namun sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Tips Merawat Laptop Agar Kantong Tidak Jebol

Hal tersebut menjadikan laptop semakin menjamur dengan berbagai inovasi dan design yang semakin canggih guna menarik minat pembeli.

Laptop biasanya digunakan sebagai alat penunjang pekerjaan yang berisi data-data pekerjaan yang penting. Maka dari itu, hendaklah kita menjaga dan merawat laptop agar laptop tidak mengganggu performa kerja kita.

Berikut beberapa tips untuk merawat laptop yang aman untuk kantong dan terhindar dari kerusakan:

1. Memperhatikan baterai
Salah satu tips agar baterai awet dan tahan lama adalah jangan pernah menggunakan laptop saat sedang di-charge, kecuali jika sedang dalam keadaan darurat.

Dan juga jangan setting hibernate pada laptop terus-menerus. Ini lama-kelaman akan mempengaruhi kinerja atau kualitas baterai. Dan jangan biarkan keadaan baterai sampai dengan 0%.

2. Bersihkan laptop setiap hari
Debu-debu kecil yang menempel pada laptop ternyata tidak boleh dianggap remeh, karena jika menumpuk maka akan mengakibatkan kerusakan pada laptop. Untuk itu, diharuskan untuk membersihkan laptop setiap harinya.

4. Teliti dalam mendownload software
Terlebih dahulu, pastikan mendownload software yang aman dan jangan sembarangan mengunduh software dari Internet. Jika tidak berhati-hati, bisa-bisa software mengandung virus dan merusak sistem yang bekerja dalam perangkat laptop kita.

5. Jangan meletakkan laptop sembarangan ketika sedang digunakan
Perhatikan letak laptop ketika sedang digunakan, karena jika salah maka akan mengganggu perfoma laptop. Hal yang tidak boleh dilakukan contohnya adalah menaruh laptop di atas kasur. Posisi seperti ini akan menutup kipas laptop yang berfungsi mendinginkan suhu laptop. Itu bisa membuat sirkulasi udara di dalamnya terganggu. Selain itu, debu dan kotoran lain yang tak terlihat bisa masuk ke dalam komponen laptop kita.

7. Istirahatkan laptop ketika mulai terasa panas
Penggunaan laptop yang terus menerus akan mengakibatkan laptop menjadi panas. Maka dari itu, jangan forsir penggunaan laptop Anda hingga non-stop. Beri jeda untuk laptop beristirahat. Sama halnya seperti manusia, laptop juga butuh istirahat supaya kerjanya optimal. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tips Berolahraga di Tengah Cuaca Panas

Tips Berolahraga di Tengah Cuaca Panas

Jakarta – Kombinasi antara suhu panas dan kelembapan yang tinggi membuat olahraga di musim panas ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135