Jakarta – Setelah viral warung makan di Tegal yang pasang harga fantastis, kini ada lagi rujak cingur yang viral karena harga melambung tinggi.

Rujak cingur merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur. Kudapan yang terdiri dari racikan sayuran, buah dan irisan cingur atau hidung sapi ini jadi salah satu makanan yang tak boleh terlewat kala singgah di Jawa Timur, khususnya Surabaya.

Belum lama ini ada video yang beredar di media sosial, isinya menunjukkan harga seporsi rujak cingur seharga Rp 60 ribu. Padahal di Surabaya, beberapa kedai rujak cingur berani pasang harga fantastis.

Pertama ada Rujak Cingur Genteng Durasim. 76 tahun kedai rujak cingur ini eksis , menu utamanya jelas rujak cingur.

Racikan sayuran, tempe, tahu, bangkuang, mangga muda, tauge dan lontong ini ditambahkan irisan cingur sapi. Yang membuatnya semakin spesial adalah bumbu kacangnya yang diracik dengan resep rahasia nenek moyang.

Paduan kacang tanah, petis, dan kondimen lainnya pada sambal kacangnya membuat rujak cingur di sini bikin kecanduan. Cara pengolahannya pun masih tradisional , bumbu rujak cingur masih “diulek” secara manual menggunakan cobek.

Uniknya lagi cobek yang digunakan ini sudah ada sejak 1943. Seporsi rujak cingur seharga Rp 45 ribu.

Tidak hanya rujak cingur Genteng Durasim yang berani pasang harga tinggi. Ada juga kedai Rujak Cingur Ahmad Jais yang lokasinya sama-sama di Surabaya.

Kedai rujak cingur Ahmad Jais yang sudah ada sejak tahun 1970. Kedainya sederhana tapi racikan rujak cingurnya berasa mendunia.

Jika pada umumnya penjual rujak cingur menggunakan kacang tanah sebagai bahan utama bumbunya maka di kedai ini menggunakan kacang mete, itulah keunikannya.

Selain kacang, petis yang digunakan juga terasa gurih khas. Ditambah lagi dengan irisan cingur sapi yang kenyal, bersih dan tak berbau amis. Cingur di kedai ini disajikan secara berlimpah.

Karena menggunakan bahan baku premium, membuat harga seporsi rujak cingur di kedai ini dibanderol Rp 70 ribu. Harga ini sudah lebih murah karena sebelumnya pernah mencapai angka Rp 100 ribu untuk setiap porsi. (Hari-www.harianindo.com)