Denpasar – ABG yang memaksa untuk mencium turis wanita di Pantai Legian, Bali, akhirnya dipulangkan ke daerah asalnya, Padang, Sumatera Barat. ABG yang mengaku Romy itu diduga terlantar.

“Sudah dipulangin hari itu juga langsung kita kembalikan, sore itu langsung kita bawa estafet ke Sumatera Barat, Padang,” kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali, Dewa Mahendra, ketika dihubungi via telepon, Selasa (11/06/2019).

Dewa menjelaskan pemulangan Romy dilakukan secara bertahap sesuai kerja sama antarprovinsi dalam pemulangan orang terlantar yang tertuang dalam Kesepakatan Mitra Praja Utama (MPU). Dewa mengatakan Romy dipulangkan menggunakan travel.

“Sampai Dinsos sana, jadi estafet dari provinsi (Bali) ke Dinsos Jatim, dari Dinsos Jatim ke Dinsos Jateng itu estafet sampai di Dinsos Sumbar sana karena MPU kita sudah kesepakatan bersama. Dia (diantar) sampai di Dinsos Sumbar, di sana nanti ditanyai alamat,” terangnya.

Dewa juga sempat bercengkrama dengan Romy. Menurutnya Romy juga susah berkomunikasi dan tidak memiliki tujuan yang jelas selama tinggal di Bali.

“Sumatera Barat? Saya tanya ayam den lapeh dia ngasih jempol senyum-senyum, (dalam hati) wah ini mersi nih, miring sedikit. Ya sudah akhirnya kita lakukan pemulangan orang terlantar, karena dia bilang nggak kerja. Saya tanya sama siapa ke Bali? ‘sama ibu, ibu jahat, ditinggal ke Lombok’. Dia bilang ibu jahat, ya sudah kamu sekarang tinggal sama siapa? ‘numpang sama temen’, ada yang kos katanya akhirnya dia nggak dihiraukan tinggallah dia, sampai akhirnya dia ke Pantai Legian,” urainya.

“Saya tanya kok bisa sampai diambil, nyosor bule. Aduh bahaya nih, kamu nggak kerja di sini, identitas nggak jelas, pulang ya, ‘Iya pulang’. Ya sudah pulang,” terang Dewa.

Sebelumnya viral di media sosial. Dalam video berdurasi pendek menunjukkan pria botak berjaket hijau dengan celana warna ungu sedang jongkok di pasir sambil menutupi wajahnya dan dikelilingi banyak orang.

Lokasi pantai disebut berada di Pantai Double Six Seminyak. Ketika ditelusuri rupanya lokasi pantai tersebut berada di wilayah Legian.

“Ada orang mungkin pengunjung juga, itu pengen kenalan sama bule cewek mau salaman pake cium tangan mau cipika cipiki. Ternyata mungkin dipegang tangannya habis dicium dan cipika cipiki pacarnya nggak terima,” kata lurah Legian Made Madia Surya Natha ketika dihubungi via telepon, Selasa (11/06).

Surya mengatakan peristiwa itu terjadi Senin (10/06) kemarin sekitar pukul 11.00 WITA. Akibatnya pria asal Padang itu terkena hantaman oleh pacar turis tersebut, karena memancing keributan akhirnya pria tersebut digelandang untuk keamanan.

“Sempat dipukul sama pacarnya bule ya kita amankan sama linmas sama LPM dibawa ke kantor lurah. Diamankan biar tidak diamuk massa karena di pantai, lokasinya di pantai perbatasan Legian dan Seminyak sekitar restoran Blue Ocean,” terangnya.(Hari-harianindo.com)