Jakarta – Dalam sepuluh tahun terakhir, timnas Jepang dan timnas Chile belum pernah bertemu di atas lapangan hijau. Namun dalam pertandingan pertama Grup C Copa America, kedua tim harus saling bersaing demi kans yang lebih baik. Bertempat di Estadio do Morumbi, pertandingan Jepang melawan Chile dijadwalkan berlangsung pada hari Selasa (18/06/2019) pagi pukul 06:00 WIB.

Bagi Timnas Chile, ambisi untuk menjadi juara jelas nampak. Terlebih Chile merupakan juara bertahan dua kali di Copa America. Meskipun demikian, mereka masih menanggung kegagalan mereka untuk lolos di Piala Dunia 2018 setelah kalah selisih gol dengan Peru.

Sementara itu, Jepang yang merupakan raksasa bola di Asia sempat membuktikan kedigdayaannya di Piala Asia dan hanya tunduk ketika melawan Qatar di babak final. Terlebih dalam pertemuan terakhir, Jepang berhasil unggul melawan Chile pada gelaran Piala Kirin 2009 dengan skor 4-0. Namun satu hal yang masih harus dibuktikan adalah kans Jepang di perhelatan Copa America 2019 ini. Apakah Jepang mampu unjuk gigi atau sebaliknya. Mengingat Amerika bukanlah Asia.

Pertandingan ini juga sekaligus menjadi proving ground bagi dua punggawa Chile, Alexis Sanchez dan Arturo Vidal. Karir sulit Sanchez pasca hengkang dari Manchester United memberikan motivasi tersendiri baginya untuk membuktikan bahwa ia masih memiliki sinar. Sementara Vidal yang berjaya bersama Barcelona juga harus membuktikan bahwa dengan timnasnya sendiri ia pun lebih dari sekadar handal.

Meski selama sepuluh tahun terakhir Jepang sempat unggul melawan Chile, bukan berarti Jepang memiliki kesempatan menang yang lebih baik daripada Chile. Justru bisa jadi Chile, dengan riwayat gagal lolos Piala Dunia serta motivasi-motivasi para pemain andalannya, mampu membalik keadaan. Terlebih, Chile merupakan juara bertahan dua kali berturut-turut. Hal yang tidak mudah bagi Jepang.

Berdasarkan pemaparan di atas, maka dapat dikatakan bahwa prediksi pertandingan kali ini Chile lebih unggul daripada Jepang meskipun tim Asia tersebut bukanlah lawan yang mudah bagi Chile. Prediksi skor: Jepang 1-2 Chile. (Elhas-harianindo.com)