Surabaya – Persebaya Surabaya harus menjamu Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (19/06/2019). Pertandingan di Babak Perempat Final Piala Indonesia merupakan leg pertama yang digelar antara kedua klub.

Jelas bagi kedua klub, laga yang berjuluk Derby Jatim ini tidak bisa diremehkan. Bagi tuan rumah, mereka harus mempersembahkan kemenangan kepada para pendukung setianya sebagai kado ulang tahun ke-92. 18 Juni adalah hari jadi Persebaya Surabaya dan sangat kentara betapa besar motivasi demi memberikan hadiah terbaik untuk para Bonek.

Namun demi mengubah asa menjadi nyata, Persebaya masih harus menghadapi sejumlah tantangan. Tak hanya mendapat hasil yang kurang memuaskan di Liga 1 2019, Bajul Ijo juga harus merelakan pemain utama seperti Otavio Dutra yang menderita cedera hidung dan Amido Balde dengan masalah lututnya.

Siasat Persebaya dalam mengatasi masalah tersebut adalah skema false nine dengan Osvaldo Haay sebagai ujung tombak dengan didukung oleh Oktafianus Fernando dan Irfan Jaya.

Kondisi sebaliknya dialami oleh Madura United. Laskar Sape Kerrab tidak memiliki masalah yang berarti berkat kedalaman tim walau 4 punggawa utama Madura United yakni David Laly, Zah Rahan, Syahrian Abimanyu dan Kiper M Ridwan belum bisa bergabung.

Tak seperti Persebaya, Madura United sangat unggul di Liga 1 sebagai nomor satu di klasemen sementara. Berhasil unggul di tiga laga, Madura United menjadi salah satu favorit juara Liga 1. Sementara Persebaya di liga yang sama hanya mampu menahan imbang di dua pertandingan dan satu kali kalah.

Konsistensi sepanjang laga juga masih menjadi pekerjaan rumah bagi Persebaya. Amido Balde masih belum mampu menjadi pembobol gawang sesuai harapan. Sedangkan Damian Lizio dan Manu Jalilov masih belum pas dengan harmoni tim.

Lagi-lagi Madura United lebih unggul dalam konteks kekompakan dan komposisi tim. Lini depan Madura United yang terasah tajam berkat Rakic dan Beto didukung pula oleh tangguhnya lini belakang.

Demi kado terbaik, Persebaya Surabaya harus menghadapi segala aral melintang demi unggul melawan kedigdayaan Madura United. (Elhas-harianindo.com)