Tangerang – Amelia Fitriani, pegawai Inspektorat Pemerintah Kota Tangerang menbantah atas tudingan ratusan netizen yang menghujatnya terkait foto dalam unggahan di akun laman facebooknya.

“Saya tidak pernah menulis keterangan apa pun dalam laman akun Facebook saya,” kata Amelia di kantornya, Pemerintah Kota Tangerang, Selasa, 18 Juni 2019.
di
Ibu tiga anak itu mengklaim bahwa akan media soasialnya telah dihack oleh orang yang tidak bertanggung-jawab. Dia sudah curiga bahwa akun facebooknya tidak dapat dibuka sejak Jumat, 14 Juni 2019.

” Jumat pagi itu saya mau buka Facebook, tapi tidak bisa. Karena sudah ada panggilan baris untuk apel pagi, saya tidak lanjutkan membukanya,” kata Amelia.

Seusai apel pagi ia berusaha mencoba untuk mebuka akun facebook tersebut. Namun, ia tidak dapat log-in dan harus melakukan registrasi ulang. Amelia menuding keponakannya yang telah meng-hack akun facebooknya, dikarenakan pada Ahad 16 Juni 2019 keponakannya menelponnya dan bertanya apakah akunya dihack.

“Keponakan saya hanya tanya apakah dihack, dan saya mengiyakan Facebook saya dihack. Pada saat itu saya belum tahu isi postingan itu,” ujar Amelia.

Meski begitu Amelia berusaha untuk membuat akaun baru dan menuliskan pernyataan berupa klarifikasi bahwa akunnya telah dihack dan memohon permintaan maaf. Tetapi degna dali mengklarifikasi, Amelia malam terkena hujatan pedas netizen.

“Sampai saat ini saya tidak tahu isi postingan dan komentar apa pun di dalamnya. Saya putuskan untuk menutup akun baru Facebook,” kata Amelia.

Atasan Amelia di Inspektorat Kota Tangerang, Tubagus Sanny, pada Senin 17 Juni 2019 telah menemui Ameia. “Saya mendapat jawaban kalau Amelia tidak pernah menulis apa pun dan sudah lama tidak menulis postingan apa pun,” kata Sanny.

Karena ia percaya dengan anggotanya, lalu Sanny membuat laporan ke Pelaksana Tugas (plt) Inspektorat, Dadi Budaeri, yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kota Tangerang.

“Foto itu diambil 2017 silam. Itu acara makan siang di rumah makan di bilangan Alam Sutera Tangerang. Di foto itu ada saya. Duduk di depan saya, Amelia. Dari sembilan pegawai Inspektorat malah satu orang sudah pensiun,” kata Sanny.

Hal itu membuat Amelia trauma menggunakan media sosial. “Saya memutuskan menutup, baik Facebook maupun Instagram,” kata Amelia. Dia akhirnya tak menggubris komentar-komentar yang ada di akun facebooknya.

Suami Amelia, Eka Ferdian Riza, juga melakukan hal yang sama.”Daya semangati Ibu, dia khawatir karena dalam Facebook itu ada tersimpan foto anak-anak. Takut disalahgunakan. Tapi kami sudah minta ke Facebook agar foto-foto dihapus,” kata Eka yang turut mendampingi istrinya.

Ketika laporan ini ditulis, Amelia dan sang suami telah melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian.

Amelia Fitriani dihujani hujatan pedas di media sosial, karena memposting foto dirinya sedang makan-makan di sebuah restoran dengan berseragam safari coklat.

Bukan foto dirinya yang menuai hujatan, melainkan nyinyirannya. Pada akhir tulisan itu disertai emoticon tertawa. Komentar pegawai Pemerintah Kota tangerang yang membuat ribuan netizen geram dan menghujat balik Amelia adalah, “Kegiatan hari ini reoni makan2 emangnya kamu babu kerjaan cuma ngosek WC.” (Hari-harianindo.com)