Jakarta – Salah seorang saksi fakta sidang sengketa Pilpres 2019 dari kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hartanto, mengklaim bahwa sudah pernah meminta penjelasan langsung kepada Bupati Karanganyar, Jawa Tengah, Juliyatmono terkait acara deklarasi dukungan terhadap paslon 01 Jokowi-Amin.

Hartanto dan temannya yang bernama Mulyono mendapati acara deklarasi dukungan ke Jokowi-Amin tersebut dari video yang tersebar di grup WhatsApp jelang hari pencoblosan Pilpres 2019.

“Beliau mengatasnamakan keluarga besar Kabupataen Karanganyar mendukung Joko Widodo dan Maruf Amin pada 17 April,” ujar Hartanto di hadapan majelis hakim MK, Jakarta, 19 Juni 2019.
Hartanto menjelaskan bahwa pada 1 April 2019 lalu ia sudah meminta penjelasan kepada sang Bupati terkait dengan video tersebut via telepon WhatsApp.

“Bahasa kami ‘Bapak, apakah video ini betul dan bagaimana tanggapan bapak?’. Beliau (bupati) mengiyakan video tersebut. Dan beliau menyatakan tidak dilakukan di hari efektif,” kata Hartanto.
Namun, selain mengklaim bahwa acara itu dilakukan di hari libur, Bupati Karanganyar tersebut menyerukan kepada Hartanto dan Mulyono untuk memberikan dukungan terhadap pasangan 01 dalam Pilpres 2019. Namun keduanya menolak. (Hari-hatianindo.com)