Jakarta– Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang juga merangkap sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin mengklaim bahwa sudah disiapakan narasi kecurangan yang dilakukan oleh kubu 01 sebelum pelaksanaan pemilihan umum.
Ia menegaskan bahwa ada upaya yang terstruktur untuk menggiring opini masyarakat bahwa kubu pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin telah melakukan kecurangan.
Bahkan dia mengklaim bahwa penggiringan opini publik tersebut patut disebut terstruktur sistematis dan masif (TSM).
“Pembentukan opini kepada publik bahwa 01 curang itu sebelum pemilu sudah dilakukan. Dengan berbagai indikasi,” kata Moeldoko di kantornya, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2019.

Moeldoko dengan berani menyatakan bahwa pihak sebelah atau kubu 02 adalah tukah produksi informasi hoaks yang menyebabkan masyarakat dengan mudah percaya pada berita tersebut.
“Saya berani mengatakan, sesungguhnya menurut saya, dari pihak sebelah juga memproduksi kebohongan yang TSM. Akhirnya masyarakat masuk ke post truth, karena semburan yang berulang-ulang itu akhirnya meyakini benar seolah olah terjadi kecurangan,” jelas dia.

Waalupun begitu, menurutnya, tuduhan kecurangan yang dialamatkan pada kubu 01 tidak dapat dibuktikan.

“Di mana si TSM-nya, sampai sekarang kayaknya belum ketemu itu. Jadi apa, belum bisa menghadirkan fakta-fakta yang bisa menuju ke sana,” ujar eks Panglima TNI itu. (Hari-harianindo.com)