Brasil – Tak hanya Argentina yang harus berjuang lolos fase Grup B, Kolombia dan Paraguay pun menanggung beban serupa demi menembus perempat final Copa America 2019. Dalam laga ketiga di Arena Fonte Nova pada Senin (24/06/2019) pukul 02.00 WIB itu, Paraguay harus menang demi mendapat tiket langsung ke delapan besar.

Berada di posisi dua dengan dua poin, pekerjaan Paraguay tidaklah seberat Argentina dan Qatar. Mereka hanya diwajibkan menjaga performa ciamik seperti dalam pertandingan sebelumnya melawan Argentina. Meskipun disayangkan karena Derlis Gonzalez tak mampu menyumbang kemenangan karena eksekusi tendangan penalti yang gagal.

“Kami bisa membuktikan kemampuan kami. Sebenarnya tim ini belum kompak betul, namun kini kami lebih percaya diri ke depannya. Meskipun amat disayangkan karena kami tidak mampu mengalahkan Argentina,” kata Eduardo Berizzo, arsitek timnas Paraguay.

Baca Juga: Prediksi Copa America: Qatar vs Argentina, 24 Juni 2019

Dengan mengoleksi enam poin, Kolombia sudah dapat dipastikan akan lolos menjuarai Grup B. Keunggulan itulah yang membuat Kolombia akan mengistirahatkan sejumlah pilar utamanya. Selain memiliki peluang yang lebih besar untuk menang, Kolombia juga harus menyiapkan para pemain utamanya di laga yang lebih berat selanjutnya.

Meskipun unggul, Kolombia tetap tidak akan meremehkan Paraguay. Mereka harus tetap bermain dengan tempo teratur menjaga kepercayaan diri dalam kondisi yang prima.

“Kami masih memiliki motivasi untuk menyudahi babak grup ini dengan hasil sebaik mungkin,” ujar striker andalan Kolombia, Duvan Zapata. (Elhas-harianindo.com)