Garut – Baru-baru ini berdear video yang memperlihatkan sabung ayam di Kabupaten Garut. Setelah ditelusuri, ternyata kegiatan tersebut berlangsung di Sarana Olahraga (SOR) Ciateul milik Pemkab Garut.

Dalam video berdurasi 12 detik tersebut tamapk banyak orang tengah mengelilingi area sabung ayam. Di dalam video juga terlihat ada 6 arena sabung ayam atau yang biasa disebut kalang oleh warga Garut. Video itu menjadi bahan perbincangan hangat setealh tersebar di jejaring aplikasi WhatsApp.

Aksi sabung ayam dalam video tersebut dipastikan berlangsung di SOR Ciateul yang terletak di Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul. Berbagai tanggapan pun muncul dari masyarakat. Kebannyaakn komentar yang terlontar mengecam aksi tersebut. Apalagi hal itu berlangsung di fasilitas olahraga milik pemkab.

“SOR itu diperuntukan untuk olahraga, masak itu dipakai sabung ayam. Apalagi SOR itu katanya yang dibanggakan meskipun belum jadi,” ujar Barmansyah, warga Tarogong Kidul, Senin sore.

Udung Suherman, Ketua RT setempat menyatakan bahwa tidak tahu dengan adanya gelaran sabung ayam yang videonya tealh viral. Dia mengecam aksi sabung ayam yang dilakukan di SOR Ciateul tersebut.

“Jelas enggak suka saya. Jangan sampai disalahgunakan apalagi kan pemerintah bikin SOR untuk olahraga bukan untuk itu,” kata Udung kepada wartawan di lokasi, Senin.

SOR Ciateul sendiri merupakan sarana olahraga milik Pemkab Garut yang tidak digunakan alias mangkrak. Penanggungjawab SOR sendiri diketahui merupakan Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Pekerjaan Umum Garut.

Kadispora Garut Kuswendi memberikan tanggapan terkait hal tersebut. Kuswendi mengklaim bahwa tak pernah mengeluarkan izin acara tersebut. “Harusnya tidak ada kegiatan itu. Saya tidak pernah mengeluarkan izin,” kata Kuswendi kepada wartawan via pesan singkat. (Hari-www.harianindo.com)