Jakarta- Penolakan akan banyak terjadi dimana-mana jika di Jakarta seandainya dikeluarakn kebijakan pelarangan untuk menggunakan sepad motor. Namun, ada beberapa kota yang ternyata memberlakukan sepenuhnya hal aneh tersebut.

Dilansir 100kpj dari berbagai sumber, tercatat ada empat kota yang ternyata melarang penggunaan sepeda motor lalu lalang di jalanan. Ibu kota Ethiopia, Addis Ababa, yang saat ini mengeluarkan kebijakan tersebut.

Kota besar di Ethiopia tersebut menyusul tiga kota lainnya. Tiga kota di Nigeria yakni Lagos, Abuja, dan Port Harcourt lebih dulu melarang penggunaan moda transportasi roda dua. Jakarta sendiri sempat memberikan larangan motor melintas untuk beberapa jalan protokol.

Pihak berwenang di Addis Ababa mengklaim bahwa keberadaan motor lebih banyak merugikan dibandingkan manfaatnya. Sebab, motor dituding menjadi sumber paling tinggi penyebab kecelakaan dan sebai moda yang digunakan untuk melancarkan tindak kriminalitas seperti perampokan.

Kebijakan tersebut menuia kritikan. Selain dari produsen motor, beberapa perusahaan terutama yang bergerak dalam jasa pengiriman dan makanan cepat saji merasa dirugikan. Pasalnya, motor menjadi moda yang paling efektif dan irit biaya.

Terlepas dari pro dan kontra yang muncul, timbul pertanyaan apakah dengan kebijakan tersebut dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas ?. (Hari-harianindo.com)