Jakarta – Baru-baru ini beredar kabar tentang salah satu perusahaan air mineral, Aqua mendukung dan mensponsori kegiatan misionaris, yang menghebohkan di dunia maya.

Kabar ini beredar lewat sebuah gambar yang diunggah akun facebook Odi Suryana pada 10 Juli 2019 lalu.

Dalam gambar tersebut tampak sebuah petunjuk nama tempat bernama “Pondok Remaja PGI”. Dalam plang petunjuk tersebut juga terdapat logo dari Aqua.

Terdaapt juga narasi pada gambar plang tersebut.

“Sekolah pengkaderan misionaris yg disponsori oleh AQUA. Lokasi di jln. Raya antara Cipayung – Cisarua Puncak Bogor Jawa Barat. Dananya dari penjualan AQUA. Hayoooo mulai skrng berhenti minum AQUA”.

Akun facebook Odi Suryana juga menambahkan sebuah narasi dalam konten yang diunggahnya.

“Kalau kita beli aqua berarti kita menyumbang misionaris Kristen,” tulis akun facebook Odi Suryana.

Konten yang diunggah akun facebook Odi telah 4.300 kali dibagikan dan mendapat 201 komentar warganet.

Setelah dilakukan penelusuran, kabar tentang perusahaan air mineral Aqua yang mensponsori misionaris kristen ternyata tidak benar atau merupakan berita hoaks.

Hal ini dinyatakan oleh Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin. Menurut Arif, kabar tersebut adalah hoaks.

“Itu hoax lama,” kata Arief di Jakarta, Senin (15/07/2019).

Arif menyatakan bahwa Pondok Remaja PGI bukan merupakan tempat pengkaderan misionaris, melainkan tempat penginapan umum yang bisa disewa oleh siapa saja.

“Danone-AQUA adalah entitas bisnis yang tidak memiliki afiliasi dengan organisasi yang tidak ada hubungannya dengan bisnis kami,” ucap Arif.

Arief melanjutkan, bahwa plang yang terdapat dalam gambar tersebut saat ini sudah tidak ada. “Plang itu sudah tidak ada,” tutup Arief.

Pondok Remaja PGI merupakan tempat penginapan umum yang berada di Jalan Raya Puncak KM 78, Leuwimalang, Cisarua, Puncak, Jawa Bara. Penginapan tersebut dapat disewa mulai dari harga Rp 450 ribu per harinya.

Kabar tentang perusahaan air mineral Aqua yang mensponsori kegiatan misionaris kristen ternyata adalah berita hoaks.

Pondok Remaja PGI bukan tempat pengkaderan misionaris, melainkan tempat penginapan umum yang bisa disewa oleh siapa saja. Narasi yang dituliskan dan viral di media sosial tidak berdasarkan fakta sesungguhnya. (Hari-harianindo.com)