Jakarta- Anggota Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo memberikan kepastian bahwa Ketua Umum partainya, Zulkifli Hasan akan selalu tunduk dengan nasihat Amien Rais dalam mengambil suatu keputusan pasca-Pilpres 2019. Hal ini berkaitan dengan peluang PAN bergabung dengan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Bang Zul Insya Allah akan mengikuti nasihat Pak Amien,” kata Drajad di DPP PAN, Jalan Daksa Nomor 10, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/07).

Tak hanya Zulkifli, Drajad juga percaya bahwa semua kader di PAN akan menuruti petunjuk dan nasihat Amien untuk tetap berada di gerbong oposisi. Jika pun ada yang tidak mendengarkan Amien, tentu hanya sebagian kecil dari keseluruhan kader PAN.

“Jadi gini, kalau di PAN itu sebagian besar, bahkan mungkin hampir semuanya ya, hanya sebagian kecil saja yang tidak, itu mendengarkan nasihat Pak Amien,” kata dia.

Bukan hanya elite partai, hampir semua kader di 34 Provinsi pun menurut Drajad sependapat untuk tetap menjadi oposisi selama lima tahun pemerintahan Jokowi bersama Ma’ruf Amin.

“Ya saya buka tipe orang yang suka klaim ya. Tapi yang jelas mereka sudah komunikasi dengan semua pihak dan insya Allah lebih banyak yang ingin tetap di oposisi,” katanya.

Sebelumnya, Amien Rais mengeluarkan pendapat setuju 1.000 persen terkait dengan pertemuan antara Prabowo Subianto dan Jokowi pada Sabtu (13/07) lalu. Amien setuju dengansyarat bahwa pertemuan tersebut tidak untuk bagi-bagi jabatan.

Dalam kesempatan itu, Amien juga sempat menyoroti soal elite yang menurutnya terlalu percaya diri dan membuka aib karena meminta jatah kursi ke Jokowi, padahal mereka tidak memberikan dukungan saat pilpres.

“Yang lucu enggak ditawarin pak Jokowi tapi ada yang minta-minta, itu kan aib. Jadi ge-er,” kata Amien.

Amien juga berkeras tak mau partai yang dia dirikan, PAN akan bergabung dalam pemerintahan Jokowi di lima tahun mendatang. Amin menyatakan dengan tegas tetap berdiri sebagai oposisi.

“Jangan sampai bergabung,” pungkas Amien. (Hari-harianindo.com)