Jakarta – Terkait arah politik Partai Amanat Nasional (PAN), Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menginginkan PAN menjadi oposisi. Pernyataan tersebut diapresiasi oleh Nasdem.

“Ya bagus sajalah, partai kan punya sikap politik masing-masing,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Johnny Gerard Plate pada Selasa (16/07/2019).

Meski demikian, Johnny tidak mengomentari pernyataan Amien Rais tersebut lebih lanjut. Johnny memilih untuk menunggu pernyataan resmi dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Saya tidak mau mengomentari Amien Rais, karena Amien itu bagian dari PAN. Saya hanya mengomentari sikap resmi PAN yang kami tunggu dari Pak Zul,” ucap Johnny.

Baca Juga: Tentukan Arah Politik, Prabowo Bakal Temui Tokoh Agama

Johnny memandang sah-sah saja apabila Amien Rais memandang bahwa para partai yang belum menang harus menjadi pengawas kinerja pemerintah.

“Itu normal. Dalam sistem ketatanegaraan kita mengenal check and balance itu bukan atas dasar oposisi dan koalisi pemerintah, tetapi atas nama lembaga,” papar Johnny. 

Lebih lanjut, Johnny mengatakan bahwa partai politik merupakan sumber kekuatan DPR. Sehingga, dibutuhkan juga kelompok penyeimbang yang terdiri atas partai politik yang bukan bagian dari koalisi pemerintah.

Perihal apakah partai masuk atau tidak dalam koalisi, hal tersebut menurut Johnny adalah kewenangan dari Presiden. Presiden terpilih juga memiliki kewenangan dalam mengatur kabinetnya. (Elhas-harianindo.com)