Jakarta – Setelah sekitar setahun dipasang di kawasan Bundaran HI, akhirnya Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk membongkar instalasi Bambu Getah Getih. Sebelum pembongkaran dilakukan, acapkali bambu-bambu dari instalasi seni tersebut berjatuhan.

“Karena bambu itu kan mungkin sudah lama, dia merosot. Memang dari kemarin sudah jatuh-jatuh,” kata Kabid Pertamanan Dinas Kehutanan DKI Jakarta Fajar Sauri pada Kamis (18/07/2019).

Baca Juga: Pernah Dibanggakan Anies, Bambu Getah Getih di DKI Kini Dibongkar

Kondisi Bambu Getah Getih yang sudah menua, menurut Fajar, berbahaya bagi masyarakat. Terlebih banyak masyarakat yang berkumpul di sekitar instalasi tersebut pada saat car free day.

“Ini sudah pada jatuh kemarin, membahayakan. Khawatir lagi car free day takut yang dekat sini pada selfie, tahu-tahu ada bambu,” ucap Fajar.

Pembongkaran Bambu Getah Getih sendiri dilakukan pada Kamis (18/07/2019) dini hari. Nampak puluhan petugas membongkar instalasi bambu tersebut dengan gergaji mesin dan perkakas lain. Bambu yang sudah dipotong-potong tersebut kemudian diangkut ke truk.

Diketahui bahwa instalasi Bambu Getah Getih tersebut diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Agustus 2018 lalu. Bambu Getah Getih merupakan karya dari seniman Joko Avianto dan pemasangannya bertepatan dengan momen Asian Games 2018. Biaya pembangunan instalasi tersebut menghabiskan biaya 550 juta rupiah. (Elhas-www.harianindo.com)