Jakarta – Baru-baru ini orang-orang diramaikan dengan adanya FaceApp. Mereka kemudian mengunggah fotonya yang terlihat lebih tua ke media sosial, ditambah tagar #AgeChallenge dan #FaceAppChallenge. Aplikasi ini semakin banyak digunakan dan menjadi viral dengan digunakan oleh banyak public figure.

Rasa penasaran terhadap wajah tua mendoro orang-orang untuk memakai FaceApp. Setidaknya, hal tersebut bisa menjadi hiburan dikala penat.

Akan tetapi, selain isu privasi yang menimpa FaceApp, seorang lulusan universitas Islam paling populer di Mesir, Al Azhar di Kairo, menyatakan FaceApp adalah haram (dilarang) lantaran dituding mengubah ciptaan Tuhan.

Seperti dikutip dari Mashable, Kamis, 18 Juli 2019, Essam al Roubi, menyatakan pada media lokal Cairo24, “Aplikasi ini adalah jenis kegemaran yang mengarah pada konsekuensi yang tidak diinginkan.”

Al Roubi melanjutkan bahwa apa yang terlihat di FaceApp – yakni prediksi wajah orang ketika ia tua – belum tentu akan seperti itu wujudnya. “Apakah gambar-gambar ini benar-benar menunjukkan apa yang akan terjadi pada orang? Tidak. Hanya Tuhan yang tahu itu.”

Untuk membuktikan pendapatnya, Al-Roubi merujuk pada Al Quran. Salah satu ayat yang ia klaim mendukung teorinya adalah ayat 119 dari Surat An Nisaa yang berbunyi: “… dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya.”

Ayat lain adalah ayat 70 Surat al-Israa, yang berbunyi: “Dan Kami telah sungguh-sungguh memuliakan anak-anak Adam dan membawa mereka ke darat dan laut dan menyediakan bagi mereka hal-hal baik dan memilih mereka lebih dari apa yang telah Kami ciptakan.” (Hari-harianindo.com)