Jakarta – Berdasarkan penelitian telah terungkap bahwa inti Bumi telah bocor, sebagian isinya yang menyelinap menjadi bulu mantel Bumi. Sebagian di antaranya, sukses mencapai permukaan Bumi.

“Temuan kami menunjukkan beberapa materi dari inti (Bumi) benar-benar berpindah ke dasar mantel,” kata para peneliti dalam The Conversation, sebuah situs di mana para ilmuwan menulis tentang penelitian mereka untuk publik.

Sudah sejak 2,5 miliar tahun inti bumi telah bocor, seperti dikutip dari laman sains Live Science.

Bukti dari penelitian tersebut yaitu adanya logan tungsten (W) elemen ke-74 dalam tabel periodik di dalam inti Bumi. Padahal bagian inti sendiri sebagian besar terbuat dari besi dan nikel.

Berdasarkan data dari para peneliti, diketahui bahwa sebelum 2,5 miliar tahun tidak terjadi perubahan signifikan dalam isotop tungsten. Hal itu menunjukkan, hanya terdapat sedikit pertukaran saja ke bagian mantel Bumi bagian atas.

Komposisi isotop tungsten dalam mantel telah banyak berubah sejak 2,5 milyar tahun terakhir. Terjadinya hal tersebut dikarenakan material dari permukaan bumi turun ke mantel dalam, kata para peneliti. Bahan permukaan ini memiliki oksigen di dalamnya, elemen yang dapat memengaruhi tungsten. (NRY-harianindo.com)