Washington DC – Baru-baru ini, sekelompok ilmuwan di Amerika Serikat menemukan spesies hiu baru. Hewan yang diberi nama ‘American Pocket Shark’ tersebut mulanya ditemukan di perairan Teluk Meksiko pada tahun 2010.

Tim peneliti dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) tersebut menemukan hiu tersebut ketika sedang melakukan penelitian tentang paus sperma di kapal Pisces.

  • Mollisquama mississippiensis 3
  • Mollisquama mississippiensis 2
  • Mollisquama mississippiensis 1

Yang unik dari hiu tersebut adalah ukurannnya yang mungil. Hiu yang memiliki nama ilmiah Mollisquama mississippiensis tersebut hanya memiliki panjang 5,5 inci (sekitar 14 cm).

Selain itu, hiu mungil tersebut memiliki kemampuan menghasilkan cahaya dari kantung yang terletak di dekat sirip depannya. Cahaya tersebut berfungsi sebagai penarik perhatian ikan yang menjadi mangsa hiu berwarna hitam itu.

Sebenarnya, hiu sejenis pernah ditemukan di Samudera Pasifik bagian timur pada tahun 1979. Meskipun demikian, kedua hewan yang ditemukan tersebut merupakan spesies yang berbeda.

“Keduanya merupakan spesies terpisah, masing-masing berasal dari lautan yang berbeda. Keduanya luar biasa langka,” ujar Mark Grace, ahli biologi dari NOAA. (Elhas-harianindo.com)