Jakarta – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menolak Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 seperti yang dinyatakan oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. Salah satu penolakan tersebut dinyatakan oleh Ketua DPP PSI Tsamara Amany.

Merespon penolakan dari Tsamara Amany, politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean angkat bicara. Melalui akun Twitter @FerdinandHaean2 ia bertanya kembali apakah Tsamara benar-benar mmahami apa yang tengah dilakukan Surya Paloh sampai ia dengan cepat menyatakan penolakannya terhadap Anies sebagai capres di pemilu 2024 nanti.

Setelahnya, Ferdinand memberi tahu Tsamara jika apa yang dilakukan Surya Paloh mendukung Anies merupakan manuver politik yang sedang dijalankan oleh ketua Umum nasdem tersebut.

“Aduhhh dekkk..!! Masa yang begini gak paham? Politik itu jangan baca apa yang tersurat dek. Pak Surya Paloh sedang main memainkan peran dalam percaturan power politik elite. Sudah paham atau perlu lebih rinci?” cuit Ferdinand, Kamis (25/07/2019).

Partai NasDem menyatakan bahwa siap mencalonkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024. Seandainya hal tersebut terjadi, PSI enggan untuk satu gerbong dengan Nasdem.

Sebelumnya, Tsamara menyatakan, PSI berbeda sikap dengan Nasdem yang menyatakan dukungannya untuk Anies. Ia mengklaim bahwa partainya tidak akan berkoalisi dengan seseorang yang menggunakan politisasi agama.

“Kami di PSI berbeda dengan NasDem. Maaf, meski kami sama-sama mendukung pak Jokowi, kami tidak akan pernah bisa berkoalisi dengan mereka yang menggunakan politisasi agama untuk meraih kekuasaan,” ujar Tsamara kepada wartawan, Rabu (24/07/2019).

Penolakan yang sama juga dinyatakan oleh Sekertaris Jenderal PSI, Raja Juli Anthoni dalam akun Twitternya, @AntoniRaja, Rabu (24/07/2019) sore. Raja Juli memposting sebuah berita yang isinya Nasdem mendukung Anies sebagai calon presiden 2024.

“Maaf. PSI beda dengan Nasdem. Kami tidak akan mencalonkan orang yang memenangkan kekuasaan dengan politisasi agama. Big No!” ucap Raja Juli.

Diketahui Ketua Umum partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh menegaskan partainya beritikad untuk mendukung Anies Baswedan jika mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2024 mendatang. Menurut Surya Paloh, pencalonan Anies sebagai presiden di Pilpres 2024 harus direspon dengan baik juga.

Hal itu dinyatakan oleh Surya Paloh saat disinggung terkait dengan dukungannya kepada Gubernur DKI Jakarta itu untuk menjadi Capres 2024. Anies mengunjungi kantor DPP Nasdem, Cikini, Jakarta Pusat. Menurutnya untuk pencalonan tersebut, nantinya semuanya akan diserahkan kepada Anies.

“2024 kan tergantung Anies. Niatnya sudah pasti ada di situ (mendukung sebagai Capres), semua niat baik harus terjaga asal baik,” kata Surya Paloh usai pertemuan, Kamis (24/07/2019).

Dukungannya tersebut masih bergantung pada konstelasi politik kedepannya. Namun jika prosesnya lancar, Surya Paloh menyatakan akan mendukung Anies. (Hr-www.harianindo.com)