Jakarta – Beredar kabar burung mengenai Puan Maharani akan dipilih sebagai Ketua DPR RI akhirnya langsung dijawab oleh putri Megawati Soekarnoputri itu sendiri. Puan mengaku berpeluang duduk di kursi pimpinan DPR.

Puan menyatakan berdasarkan Undang-undang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (UU MD3), dirinya sudah layak menjadi pimpinan DPR RI

“Ketua DPR, Insyallah itu bukan kemungkinan, itu sesuai dengan UU MD3. Kalau melihat hasil pemilu yang lalu, alhamdulilah suara saya itu kan terbesar secara nasional dari seluruh parpol. Jadi mungkin saya salah satu kandidat ketua DPR, ya mungkin, ya nanti kita tunggu di bulan Oktober saat pelantikan,” terang Puan

Puan menolak kalau ketua DPR dipilih melalui voting. Ia mengatakan, azaz partai pemenang pemilu berhak mendapat kursi ketua DPR menurutnya harus tetap dihormati.

“Rakyat yang memilih siapa yang menang, bukan voting bahwa siapa nanti jadi apa. Tapi ini pemilu bebas, rahasia, dan rakyat yang memberikan kepercayaan kepada PDIP untuk menjadi pemenang,” ujarnya.

“Saya menyelesaikan dulu tugas saya menjadi menko sampai akhir tugas jabatan saya. Kalau boleh milih ya, kalau bisa dua-duanya, tapi belum dipilih,” selorohnya. (NRY-www.harianindo.com)