Surabaya – Persebaya Surabaya memanggul beban berat di pekan ke-12 Liga 1 2019. Pasalnya, Bajul Ijo dalam lima pertandingan terakhir sama sekali belum merasakan manisnya kemenangan. Sebagai tuan rumah, Persebaya harus berusaha keras untuk mengalahkan Persipura Jayapura di Stadion Gelora Bung Tomo pada Jumat (02/08/2019). 

Keberuntungan tak lagi menyertai Persebaya semenjak unggul 4-0 atas Persib. Pertandingan demi pertandingan hanya diisi oleh tiga imbang dan dua kekalahan. Beban tuan rumah semakin terasa oleh tim yang dilatih oleh Djadjang Nurdjaman karena lawan mereka adalah Persipura Jayapura.

Semenjak dipegang oleh mantan pelatih Persebaya, Jacksen F. Tiago, performa Persipura meningkat drastis. Tim Mutiara hitam berhasil mengalahkan Madura United dan Bhayangkara FC dengan satu gol tanpa balas. Dengan modal kepercayaan diri, Persipura menargetkan menang dalam laga tandangnya di Surabaya.

Dalam laga esok, Persebaya mengandalkan Amido Balde meskipun hingga kini masih belum bisa mengulang keajaiban saat menghadapi Persib. Dalam laga tanpa ampun tersebut, Amido Balde berhasil mencetak gol hattrick. Sementara Boaz Solossa mengemban tanggung jawab sebagai penyetor gol Persipura. Pasalnya, dua kemenangan terakhir bisa dicapai Persipura berkat gol Boaz.

Rekor lima pertemuan head-to-head terakhir menunjukkan bahwa Persipura benar-benar unggul di atas Persebaya. Mutiara Hitam mampu mengalahkan Persebaya dalam empat laga. Sementara Bajul Ijo hanya berhasil menahan imbang Persipura satu kali. (Elhas-harianindo.com)