Jakarta – Baru-baru ini beredar sebuah video dari seorang pria yang merupakan aktivis lingkungan bernama Suparno Jumar dengan membuat video blog (vlog) di antara tumpukan sampah di Kali Ciliwung, dengan mata berkaca-kaca, ia meminta tolong kepada pemerintah dan semua pihak untuk sama-sama sadar dalam upaya untuk menjaga lingkungan sekitar.

Video tersebut di ambil di pinggir Kali Ciliwung, Bogor. Tampak dengan jelas tumpukan sampah di pinggir sungai yang menumpuk dan mengendap parah di sepanjang aliran sungai.

“Pak Jokowi, Pak Ridwan Kamil, bantu kami, kerahkan yang ada di negeri ini untuk mulai bereskan Kali Ciliwung. Pak Jokowi, Pak Gubernur, walikota bogor sudah turun tapi sepertinya kami di Bogor juga kesulitan, parah banget,” jelas Suparno sambil menahan tangis dalam video tersebut, Kamis (01/08/2019).

Suparno kemudian meminta kepada semua pihak untuk bekerja sama dalam menanggulangi masalah sampah di sungai yang diklaimnya sudah parah. Ia meminta kepada para pengusaha, akademisi, pemerhati lingkungan hingga media untuk bersama-sama ambil bagian dalam mengatasi dan memerangi permasalahan samapah tersebut.

“Pak Jokowi, Pak Gubernur bantu kami semua, dunia usaha, turunlah ke sini, temen-temen akademisi, pemerhati lingkungan, jangan ongkang-ongkang kaki di belakang meja kalian.Temen-temen media, tolong kabarkan, ini adalah concern kita bareng-bareng, tidak bisa kerja sendiri, harus bareng-bareng,” jelas Suparno.

View this post on Instagram

Pak @jokowi Pak Gubernur @ridwankamil Bantu kami di Kota Bogor. Walikota @bimaaryasugiarto sudah bergerak, tapi perlu sinergi lebih hebat lagi. . . @tjiliwoeng #NaturalisasiCiliwung #LaskarKarung #SungaiCiliwung #SungaiIndonesia #RiverRanger #RiverWarrior #RiverDefender #RiverExplorer #Tim5PatroliCiliwung

A post shared by FJoe (@suparnojumar) on

Video tersebut sontak menarik perhatian publik yang luas setelah disebarkan akun Facebook atas nama Onedhy lalu di grup Masyarakat Cinta Bogor. (Hr-www.harianindo.com)