Washington DC – Baru-baru ini, mesin pemburu planet Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil menemukan tiga planet baru. Ketiga planet tersebut kemudian diberi nama TOI 270 b, c, dan d.

Dari ketiga planet tersebut, NASA menyatakan bahwa planet TOI 270 d memiliki potensi untuk dapat dihuni oleh manusia. Dengan kata lain, karakteristik planet tersebut mirip dengan planet Bumi.

Hal ini dikarenakan TOI 270 d lokasinya dekat dengan bintang TOI 270. Bintang tersebut memiliki karakteristik 40 persen lebih kecil dan ringan serta sepertiga lebih dingin daripada Matahari.

“Di satu sisi, planet-planet ini bersembunyi dalam pengukuran yang dilakukan di banyak observatorium selama bertahun-tahun. Kami butuh TESS untuk mengarahkan ke sebuah bintang yang menarik di mana kita bisa mengungkap mereka,” kata Rafael Luque, peneliti dari Institute of Astrophysics of Canary Islands (IAC).

Baik TOI 270 c maupun d merupakan planet terluar dari sistem TOI 207 dengan julukan mini Neptunus. Hal tersebut dikarenakan kedua planet tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dengan planet-planet di tata surya Matahari.

Selain itu, NASA memperkirakan suhu planet TOI 270 d dapat mencapai 66 derajat celsius. Kondisi inilah yang membuat planet ini lebih mirip dengan Bumi daripada kedua planet TOI 270 lainnya. (Elhas-harianindo.com)