Depok – Seekor burung Lovebirds ditawar Rp 500 juta. Burung tersebut kerap juara dalam kontes burung hingga tingkat nasional. Rohili atau Likun (29), pemilik burung bercerita, awalnya dirinya putus semangat setelah burung lovebird kesayangannya yang bernama Getuk hilang dicuri orang. Kemudian ia diberi tetangganya burung secara cuma-cuma.

Bermula saat Likun dirawat dua pekan di rumah sakit. Likun sempat tidak berminat lagi untuk menjalani hobinya memelihara burung. Tetangga Linkun, yang juga penyuka burung, kemudian menawarkan burung lovebird. Sang tetangga yang cukup dekat dengannya itu tidak menyukai burung jenis lovebird.

“Waktu itu temen saya dari Yogyakarta pecinta burung juga, nawarin mau ngga nih burung lovebird,” ujar Likun.

“Kita pasangin yang konslet sama yang diem. Biar yang diem kepancing, masteran istilahnya” kata Likun.

“Setiap pagi dikeluarin. Dijemur. Siang masuk ke rumah, istirahat. Malamnya kita keluarin lagi untuk dimandikan,” tambah Likun.

Harga makanan burung pemeliharaan sekitar Rp 12.000 hingga Rp 20.000.

“Lagi mahal sekarang milet. Susah banget nyarinya. Ibu saya juga udah nyari ngga dapet juga. Harganya jadi mahal Rp 20.000 sekilo,” kata Likun.

Juara kontes Yakin telah mendapatkan banyak piala dari berbagai macam lomba dari kelas latber, latpres, regional dan yang paling tinggi nasional. (NRY-harianindo.com)