Denpasar – Sebagai pemenang Pemilu 2019 dan pengusung utama Joko Widodo dan Ma’ruf Amin yang memenangi Pilpres 2019, PDIP meminta kursi menteri yang paling banyak. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dalam pidato politiknya di Kongres V PDIP, ia berbicara mengenai persoalan jatah menteri di hadapan para peserta kongres. Dalam perhelatan tersebut, nampak Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla duduk di barisan terdepan. Wapres Terpilih Ma’ruf Amin juga menghadiri kongres tersebut.

Baca Juga: Megawati Lebih Suka Panggil Ahok Daripada BTP

Terkait menteri, mantan Presiden tersebut bercerita pada saat pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada saat itu, PDIP ditawari untuk menjabat sejumlah posisi menteri. Namun Megawati menolak tawaran tersebut. Sehingga PDIP selama 10 tahun era SBY tidak mengisi kabinet.

Sementara kini, sebagai pemenang Pemilu, Megawati meminta agar partainya mendapat jatah menteri terbanyak. Ucapannya tersebut diiringi dengan sorak sorai peserta kongres.

“Kalau nanti Pak Jokowi mesti ada (menteri dari PDIP), mesti banyak. Orang kita pemenang dua kali. Saksikan ya,” kata Megawati pada Kamis (08/08/2019).

“Nanti saya kasih cuma empat ya? eeeeeh emoooh. Tidak mau. Tidak mau. Tidak mau. Iya dong. Orang nggak dapat saja minta. Hore!” sambungnya. (Elhas-www.harianindo.com)