Kuala Lumpur – Presiden Joko Widodo, dalam kesempatan mengunjungi Malaysia, sempat melihat-lihat mobil bikinan Proton, merek otomotif Malaysia. Tak hanya itu, rupanya Jokowi juga berkendara mobil bikinan Proton bersama Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Nampak bahwa Mahathir sendiri yang menyetir mobil sedan berwarna merah tersebut. Sementara Jokowi duduk di kursi penumpang depan. Kursi belakang diisi oleh ajudan masing-masing.

Diketahui bahwa mobil merah yang ditumpangi Jokowi tersebut adalah Proton Persona. Sedan subcompact tersebut dibekali dengan mesin VVT dengan kapasitas 1.600 cc.

Meski dipelopori oleh pemerintah Malaysia dengan keterlibatan Mahathir, sejak 2017 saham Proton telah dikuasai oleh perusahaan otomotif Tiongkok Geely sebanyak 49,9 persen.

Sempat menguasai pasar otomotif Malaysia pada tahun 1993 sebesar 74 persen, performa apik tersebut tidak berlanjut di tahun-tahun berikutnya hingga hanya mencapai 15 persen pasar. Diduga isu kualitas mobil dan buruknya layanan purna jual menjadi alasan lemahnya daya kompetitif Proton. Dengan dikuasai Geely, Proton menargetkan untuk menguasai kembali pasar Malaysia. (Elhas-harianindo.com)