London – Pekan pertama Liga Inggris 2019/2020 mempertemukan West Ham United sebagai tuan rumah melawan Manchester City. London Stadium menjadi saksi perjuangan Manchester City mempertahankan gelarnya dalam laga tandang pada Sabtu (10/08/2019) esok pukul 18.30 WIB.

Meskipun pada gelaran musim lalu Manchester City merupakan kampiun Liga Inggris, bukan berarti laga perdana mereka akan berjalan dengan mudah. Pasalnya, West Ham United telah banyak berbenah.

West Ham telah membeli pemain-pemain berkualitas seperti Pablo Fornals dari Villarreal dan Sebastien Haller dari Eintracht Frankfurt. Bahkan, The Irons rela merogoh kocek sebanyak 45 juta poundsterling untuk memboyong Haller, memecahkan rekor transfer klub.

Sementara itu, The Citizens juga memboyong Joao Cancelo dari Juventus dan Rodri dari Atletico Madrid. Untuk Rodri, kualitasnya sudah tak diragukan lagi karena City berhasil menang laga Community Shield berkat andilnya.

Dari segi statistik, juara bertahan nampak lebih unggul. Dari total 36 pertemuan dalam Premier League, Manchester City menang sebanyak 21 pertandingan dengan total gol 61. Sementara West Ham meraih 9 kemenangan dengan 35 gol. Enam laga sisanya berakhir seri.

Sebagai juara bertahan, jelas The Citizens lebih dijagokan untuk menang dalam laga perdana Liga Inggris musim ini. Akan tetapi, The Hammers bukanlah lawan yang mudah. Mereka telah mempersiapkan segalanya untuk menyambut tim tandang. (Elhas-harianindo.com)