Boyolali – Sudah lamaa tidak terdengar kabarnya, PT Solo Manufaktur Kreasi, produsen mobil Esemka, terpantau saat ini masih meliki aktivitas. Sejumlah mobil jenis pikap berwarna putih tampak sedang menjalani pengujian di salah satu area pabrik di i wilayah Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin, 12 Agustus 2019

Berada di halaman belakang pabrik sisi timur dilakukan uji coba terhadap kendaraan tersebut. Aktivitas uji coba mobil itu bisa dilihat dari tepi Jalan Esemka (sebelumnya bernama Jalan Mangu – Sambi) wilayah Desa Senting, sekitar 200 meter di timur pabrik Esemka. Dari pantauan pada Senin siang, ada dua mobil pikap yang diuji coba di jalan berlapis beton dengan tanjakan landai dan tikungan tusuk konde (hairpin).

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada kepastian kapan tepatnya mobil esemka di pasarkan ke masyarakat. Bahkan, pabrik mobil Esemka yang sudah beroperasi sejak tahun lalu itu belum diresmikan hingga saat ini. “Kami tidak berhak memberikan keterangan apapun kepada wartawan,” kata satpam yang berjaga di balik gerbang PT Esemka.

Dari pantauan pada 24 April lalu, halaman pabrik mobil Esemka yang berlantai batako itu masih dipadati puluhan mobil pikap bercat putih dan sebagian abu-abu. Mobil-mobil tersebut sudah tidak terlihat lagi. “Nggak tahu mobil-mobil pikap itu dipindah kemana. Pabrik itu sekarang punya jalan baru di belakang,” kata salah satu warga Desa Senting, desa yang berbatasan dengan Desa Demangan.

Perempuan paruh baya yang tinggal tidak jauh dari pabrik mobil Esemka itu mengungkapkan, sejak beberapa hari terakhir, di pabrik berpagar rapat di bagian depannya tiap sore digelar bermacam lomba untuk merayakan peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-74.

“Ada lomba futsal dan lain-lain. Suaranya terdengar sampai luar. Tapi peserta dan penonton lombanya ya karyawan pabrik itu sendiri, bukan untuk umum,” kata warga yang meminta untuk tidak disebutkan identitasnya. (Hr-harianindo.com)