Jakarta – Pendaftaran untuk calon penghuni rumah DP Rp 0 kembali dibuka sejak Rabu (07/08/2019) lalu. Untuk pendaftaran kedua, rencananya akan ditutup pada Selasa (13/08/2019) ini.

Ketika ditanya alasan mengapa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka kembali pendaftaran Rusun Samawa, ia mengatakan bahwa pendaftaran tersebut dimaksudkan untuk menyaring calon pendaftar. Pihaknya tidak ingin kecolongan menerima pendaftar dengan penghasilan tinggi atau pun pemilik mobil mewah.

“Pendaftaran seperti ini kan bukan cuma peminat tapi juga harus dilihat kesesuaian sama kriteria yang ditetapkan. Kalau yang daftar punya mobil mewah kayak kemarin nggak boleh juga kan,” kata Anies pada Selasa (13/08/2019).

Baca Juga: Protes Ganjil Genap, Angkutan Online Bakal Geruduk Kantor Anies

Diketahui bahwa pada pendaftaran pertama, terhitung sebanyak 2.359 orang yang mendaftar rumah DP Rp 0. Dari angka tersebut, hanya 1.790 orang yang lolos seleksi. Menurut keterangan dari Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera, Dzikran Kurniawan, dari orang-orang yang tak lolos seleksi ada yang memiliki mobil mewah.

“Mengenai seleksi itu, bisa saya tambahkan bahwa dari data yang kita cek BPRD (Badan Pajak dan Retribusi Daerah) itu ternyata cukup banyak juga, ada pendaftar juga yang memiliki kendaraan, seperti Alphard, kemudian teridentifikasi memiliki kendaraan Porsche warna merah, kemudian Porsche Boxster. Kemudian ada juga yang memiliki motor Harley-Davidson. Jadi itu faktanya, itu yang termasuk tidak lolos seleksi,” ungkap Dzikran Kurniawan di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/07/2019). (Elhas-harianindo.com)