Jakarta – Terkait langkah Partai Demokrat yang disinyalir mendekati koalisi pemerintahan, PDIP memberikan isyarat bahwa hal tersebut bisa dikatakan mustahil.

Politisi PDIP Andreas Hugo Pareira menyebut bahwa terlambat sudah bagi Partai Demokrat apabila partai berlambang bintang mercy tersebut ingin menjadi bagian dari pemerintahan. Ia menyarankan kepada Demokrat agar tetap berada di luar pemerintahan karena lebih elegan.

“Keinginan kader-kader Partai Demokrat agar bergabung dengan pemerintahan Jokowi – Ma’ruf bisa diartikan muruah PD memang lebih dekat ke pasangan Jokowi – Ma’ruf. Namun, seharusnya ini sudah dilakukan sebelum pilpres. Sudah sangat terlambat apabila baru sekarang diekspresikan,” kata Andreas pada Selasa (13/08/2019).

Baca Juga: Pengamat Menilai Gerindra Sedang Cari Kambing Hitam Agar Bisa Berkoalisi dengan Jokowi

Anggota Komisi I DPR RI itu menilai bahwa sebenarnya, upaya Demokrat untuk mendekati pemerintah adalah untuk mendapat bagian kuasa dan kursi di kabinet.

Namun Andreas mengembalikan nasib Demokrat kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo. Menurut Andreas, kedua figur tersebut lebih paham soal kalkulasi politiknya.

“Tentu Presiden Jokowi akan lebih jeli melihat kemungkinan-kemungkinan dukungan yang mengalir pascakemenangan dan mengelola dukungan-dukungan tersebut sehingga pemerintahan lima tahun ke depan tetap efektif,” papar Andreas. (Elhas-harianindo.com)