Jakarta – Perubahan zaman adalah sebuah keniscayaan. Seiring berjalannya waktu, pola pikir hingga cara berpakaian orang-orang pun mengalami pergantian. Masyarakat Indonesia pun tak terlepas dari dinamika ini.

Seorang netizen dengan akun @menghanyurkan membagikan deretan foto-foto zaman dulu orang-orang Indonesia. Melalui Twitter, ia mencoba mengajak para warganet lain untuk bernostalgia ke masa-masa lampau.

Di zaman sekarang, sudah lumrah ditemui para perempuan yang mengenakan hijab. Hal ini tentu saja sangat kentara perbedaannya jika kita melihat di dekade-dekade sebelumnya. Memang, perempuan zaman dulu yang mengenakan kerudung saja masih terbilang jarang.

Tak hanya itu, model seragam sekolah pun juga sangat berbeda apabila dibandingkan. Zaman dahulu, seragam-seragam sekolah potongannya masih pendek. Tidak seperti era sekarang yang umumnya para siswa berseragam baju lengan panjang dan celana/rok panjang.

Sebelum gelombang konservatisme agama menguat, rupanya orang-orang Indonesia zaman dahulu cukup santai dalam berpakaian. Bahkan lebih toleran dibanding sekarang. Kebaya pun masih marak dikenakan oleh para perempuan Indonesia zaman lampau.

Akun tersebut juga menunjukkan betapa trendy-nya mode pakaian orang-orang yang pernah muda pada dekade-dekade sebelumnya. Tak hanya gaya berpakaian, gaya rambut zaman dahulu pun juga tak kalah menariknya.

(Elhas-harianindo.com)