Jakarta – Presiden Jokowi akhirnya memberi bocoran terkait dengan komposisi kabinet yang sudah disusun olehnya untuk periode kepemimpinan kedua, 2019 – 2024.

Jokowi yang bakal memerintah bersama wakil presiden terpilih Maruf Amin ini menyatakan bahwa akan ada menteri berusia di bawah 30 tahun hingga 25 tahun.

Hal tersebut dinyatakan oleh Jokowi saat bertemu dengan sejumlah pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (14/08/2019).

“Ada menteri nanti usianya masih di bawah 30 tahun sampai 25 tahun. Ini susah mencarinya, tapi akhirnya dapat,” ungkap Jokowi.

Ia menjelaskan, saat menyusun nama-nama menteri, dirinya mendapat sedikitnya 60 nama kandidat menteri berusia muda, yakni yang berusia di bawah 30 tahun.

“Pintar-pintar, hebat, hanya lemah di manajerial. Tapi akhirnya dapat nama calon yang memang bagus, ya dimasukkan,” kata dia.

Jokowi belum mau memberi tahu siapa nama menteri yang berusia di bawah 30 tahun tersebut. Dia hanya memberikan kisi-kisi menteri muda itu dari kalangan profesional.

“Tidak mudah mencari menteri usia di bawah 39 tahun. Yang bagus banyak. Yang pintar banyak, tapi manajemennya lemah,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, alasan dirinya mau mengangkat pemuda di bawah usia 30 tahun menjadi menteri adalah bisa menjadi harapan untuk teladan. Apalagi, menteri mudanya tersebut bakal menggawangi kementerian yang terbilang dekat dengan kaum milenial.

“Menteri yang di bawah 30 tahun itu bakal membidangi isu kekinian. Dia juga menjadi contoh kaderisasi kepemimpinan masa mendatang. Ya dia bisa menjadi menteri lagi atau pejabat nantinya,” kata Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi mennyatakan bahwa telah merampungkan penyusunan kabinet untuk membantu tugas-tugasnya dan wakil presiden terpilih Maruf Amin pada periode kepemimpinan 2019 – 2024.

Kendati sudah merampungkan nama-nama menteri yang dipilihnya, Jokowi masih menunggu waktu yang tepat untuk mewngumumkan nama-nama menteri yang ia pilih.

“Penyusunan kabinet mendatang sudah selesai. Sudah rampung. Tinggal diumumkan saja,” kata Jokowi dalam acara yang sama.

Jokowi yang didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat bersamuh dengan para pemred tersebut menyatakan, kabinet mendatang diharapkan mampu bekerja secara cepat dan mempunyai parameter keberhasilan kerja terukur.

Soal komposisi kabinet, Jokowi memastikan pos-pos menterinya diisi oleh tokoh-tokoh dari beragam kalangan.

“Semua unsur terwakili, profesional, partai politik, agamawan, daerah, gender, semuanya,” kata Jokowi.

Jokowi tidak menjelaskan secara rinci perwakilan golongan mana yang bakal mendominasi kabinet pada periode kedua kepemimpinannya.

Terkait dengan penilaian sejumlah kalangan bahwa kabinet jilid II dirinya akan banyak diisi kader-kader parpol, Jokowi hanya menjawab, ”Komposisinya sangat lengkap. Dijamin tak mengecewakan,” tegasnya. (Hr-harianindo.com)