Bali – Video turis Ceko bercebok di air suci kawasan Monkey Forest, Bali, menjadi viral dan menarik perhatian warganet. Gubernur Bali, Wayan Koster turut angkat bicara terkait hal tersebut.

Menurut Koster, walaupun desa pakraman setempat menyatakan permasalahan sudah selesai, namun, bagi dirinya permasalahan tersebut belum selesai.

Masih ada potensi kejadian serupa untuk terjadi lagi. “Dengan dikompromikan begitu saja, lantas disuruh guru piduka atau apa, minta maaf, di situ selesai. Tapi, buat saya ini belum selesai,” kata Gubernur Koster, Rabu (14/08/2019)

Menurut Koster, kalau ada wisatawan yang melakukan pelecehan tempat suci seperti itu lebih baik langsung dideportasi.

Tindakan sama juga berlaku untuk bentuk pelanggaran lain yang dilakukan wisatawan asing di Bali. “Pulangin aja dia, sudah tidak tertib datang ke Bali. Kita akan warning begitu,” tegasnya.

Sebelumnya dua orang turis Ceko atas nama Zdenek Slauka dan Sabina Delezalova melakukan aksi pelecehan terhadap air yang dianggap suci bagi warga Bali. Keduanya terlihat bercebok menggunakan air suci tersebut. Parahnya, aksi tersebut direkam ke dalam video dan disebarkan ke media sosial. (Hr-harianindo.com)