Jakarta – Director Survei and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengungkapakan bahwa Prabowo Subianto bukan cuma memiliki penumpang gelap saat Pilpres 2019, tetapi juga punya kekasih gelap.

Belakangan ini wacana terkait penumpang gelap di tubuh Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno saat Pilpres 2019 muncul ke permukaan. Namun, Igor beranggapan bahwa masalah serius Prabowo juga terkait dengan kekasih gelap.

“Yang terlihat di tubuh BPN (Badan Pemenangan Nasional) saat Pilpres sesungguhnya bukan cuma masalah penumpang gelap, tetapi juga kekasih gelap,” kata Igor kepada Kantor Berita RMOL.

Kekasih gelap yang dimaksud Igor adalah pihak-pihak yang tidak sepenuhnya membantu pemenangan Prabowo-Sandi kendati di hadapan publik tegas mendukung 02.

Mereka, kata Igor, tidak sama sekali memiliki kontribusi untuk memperjuangkan kemenangan Prabowo-Sandi meski tercantum di kubu 02. “Yang banyak gaya tetapi minim kontribusi. Tidak all out memperjuangkan 02, tetapi banyak berharap atau meminta,” tutur Igor.

“Yang ironis dari kekasih gelap ini ialah dugaan bermain dua kaki, untuk mencari keuntungan pribadi belaka,” tambah Igor tanpa menyebutkan pihak yang dimaksud.

Dia menjelaskan, tidak semua yang terlibat di BPN mengambil peran sebagai kekasih gelap. Namun, hal itu yang menjadi sumber kelemahan tim Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

Padahal jika hal itu disadari sejak awal, bisa dievaluasi saat masih berjuang dalam pemenangan Pilpres sebelum akhirnya berujung di meja Mahkamah Konstitusi. “Oleh karena itu, baik penumpang gelap ataupun kekasih gelap tampaknya lebih pas diarahkan kepada ‘oknum individu’, ketimbang entitas lainnya,” pungkasnya. (Hr-harianindo.com)