Semarang – Menjelang pengumuman susunan kabinet Presiden Joko Widodo untuk periode 2019-2024, tersimpan harapan agar menteri tertentu tidak digantikan. Salah satu yang bersuara demikian adalah KH Mustofa Bisri alias Gus Mus. Ia berharap agar posisi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tidak digantikan.

Pernyataan tersebut terlontar pada acara peringatan hari ulang tahun ke-75 kiai Nahdlatul Ulama tersebut. Dalam acara yang dihelat di Semarang pada Rabu (14/08/2019) kemarin, turut diundang pula Susi Pudjiastuti.

Dalam kesempatan itu, Gus Mus sempat mengajak Susi untuk memotong tumpeng bersama-sama. Pada saat itulah kemudian Gus Mus berujar.

“Kalau Bu Susi diganti mungkin laut rusak lagi. Tolong sampaikan ke Pak Jokowi, orang yang dekat Pak Jokowi, Gus Mus mendukung bu Susi,” ujar Gus Mus.

Gus Mus beralasan bahwa sebagai perempuan Indonesia, Susi berani menghasilkan sejumlah kebijakan kelautan yang tegas demi mempertahankan kekayaan bahari Indonesia.

“Saya kagumi Bu Susi bukan sebagai menteri, saya kagumi sebagai perempuan Indonesia, yang bangga Indonesia, mencintai rakyat Indonesia,” kata Gus Mus. 

Apabila Susi diputuskan tak lagi menjabat, Gus Mus kemudian melontarkan kelakar.

“Kalaupun tidak jadi menteri, saya kasih gawean (pekerjaan),” kelakarnya. (Elhas-www.harianindo.com)