Jakarta – Dinas Bina Marga DKI Jakarta mengajukan anggaran hampir Rp300 miliar untuk melakukan revitalisasi terhadap trotoar. Hal itu dinyatakan dalam rapat pembahasan Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Sementara (KUAPPS) DKI 2020.

Dalam rapat komisi, anggota Komisi D DPRD DKI Abdul Canter meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak hanya menaruh fokus pada pengwmbangan trotoar saja. Pemprov juga diminta memperhatikan poin di luar infrastruktur. Salah satunya, memperhatikan proses penghijauan terhadap kota.

“Pembangunan trotoar itu hampir Rp300 M (miliar), tapi waktu jalan itu trotoar panas bener enggak ada hutan-hutannya. Jadi harus disesuaikan,” kata Abdul saat rapat Komisi E DPRD DKI, Kamis (15/08).

Pemprov DKI Jakarta belakangan ini disibukkan dengan perbaiakan trotoar ibu kota. Pada 2019 setidaknya ada tiga titik pembenahan trotoar mulai dari Kawasan Kemang, Cikini hingga Kuningan.

Abdul menyatakan bahwa udara di Jakarta belakangan ini semakin memburuk dan menjadi sorotan masyarakat. Demi menarik minat warga berjalan kaki, Pemprov DKI juga diminta menciptakan jalanan yang nyaman, salah satunya dengan penanaman pohon.

“Jangan sampai kita diprotes karena panas banget ini. Saya kira ini nanti bisa bersinggungan dengan Bu Suzi (Kepala Dinas Pertamanan dan Kehutanan DKI),” tegas dia.

Selain soal penghijauan, Abdul juga meminta agar DKI memberikan perhatian terhadap penerangan jalan di sekitar trotoar. Setiap fasilitas harus menjadi perhatian pemerintah untuk kepentingan publik.

“Jangan nanti ada trotoar malah gelap jalannya. Itu perlu diperhatikan juga oleh Penerangan Jalanan Umum (PJU),” tegas dia.

Sebelumnya, Pemprov DKI sedang melakukan perbaikan trotoar di sejumlah titik di Jakarta. Adapun trotoar yang sudah rampung dikerjakan ialah trotoar di Jalan Sudirman, kawasan Jati Baru hingga kawasan Cikini.

Sementara saat ini proyek yang sedang dalam tahap pembangunan ialah di daerah Kemang Raya, Kemang I, Salemba, Jatinegara, Otista. Rencananya pengerjaan ini akan selesai pada Desember mendatang. (Hr-www.harianindo.com)