Jakarta – Anies Baswedan, selaku Gubernur DKI Jakarta menyatakan bahwa kunjungan ke sejumlah negara untuk mempromosikan Indonesia. Bukan hanya kunjungan untuk studi banding saja.

“Kalau saya pergi, tidak studi banding. Saya justru ke sana mempromosikan Indonesia, mengkampanyekan Indonesia,” kata Anies di gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (16/08/2019).

Menurut Anies selama 2019 ini telah melakukan kunjungan ke luar negeri sebanyak tiga kali. Pertama untuk pertemuan U20 di Tokyo, Jepang dan kemudian kunjungan ke Singapura. Dan ke Kolombia yang berlanjut di Amerika Serikat untuk membahas balap mobil listrik Formula E.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan bahwa semua kunjungannya ke luar negeri merupakan atas dasar undangan dari pihak penyelenggara. Bukan atas inisiatif pribadi ataupun untuk studi banding.

“Sebelum saya tugas di pemerintahan, saya sudah keliling dunia untuk berbicara soal Indonesia. Ini bukan mau nyombongkan diri, tapi supaya pada sadar nih kalau soal jalan-jalan, udah lewat,” jelas dia.

Seketika Jokowi mengangkat telepon pintar yang dibawanya dan menunjukan kelebihan teknologi komunikasi yang dapat menembus batas negara.

“Kita mau ke Amerika ada. Komplit di sini. Mau ke Rusia di sini ada, ke Jerman di sini juga ada semua. Dan ini juga relevan untuk bapak ibu anggota dewan,” kata Jokowi. (NRY-harianindo.com)