Jakarta – Polemik mengenai ujaran di video ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) masih berlanjut. Kali ini, Pastor Gilbert Lumoindong juga turut berkomentar terkait ujaran yang dilontarkan UAS yang diduga menghina simbol agama Kristen.

Pastor Gilbert mengunggah foto di Instagram yang memperlihatkan cuplikan UAS yang tengah memeragakan simbol salib dengan tangannya. Dalam unggahan itu, ia menyematkan pernyataan tanggapannya di kolom caption. Ia heran mengapa harus sampai menghina agama lain dalam berceramah.

“Perlu nggak sih, ceramah isinya hanya menghina agama lain? Apakah hati Ustaz sudah begitu penuh dengan kebenciannya terhadap kami??” tulis Pastor Gilbert pada Sabtu (17/08/2019).

Baca Juga: Pernyataan Lengkap MUI Soal Ceramah Salib Ustaz Abdul Somad

Kemudian, ia mengimbau agar sebagai pemuka agama untuk mampu menumbuhkan persatuan bangsa walau berbeda agama.

“Marilah sebagai pemuka agama, apalagi akademisi, marilah Ustadz menabur semangat ‘Bhineka Tunggal Ika’ dalam perbedaan agama, namun sesama anak bangsa,” sambungnya.

Ia juga memperingatkan bahwa pernyataan yang dilontarkan UAS telah melampaui batas. Pastor Gilbert pun menambahkan penjelasan singkat demi meluruskan pemahaman orang lain mengenai ajaran Kristen.

“Yth UAS, kayanya anda telah ‘offside’ deh, mulai membahas di salib ada setan, ‘jin kafir’. Sebenarnya yang ada katakan ‘jin kafir’ dalam Kristen itu adalah ROH KUDUS, yang pasti akan membuat gentar, mereka-mereka yang hidupnya dikuasai kegelapan,” papar Pastor Gilbert.

Untuk menutup pernyataannya, Pastor Gilbert memanjatkan doa agar UAS mendapat cinta dan semangat persatuan bangsa.

“Doa kami menyertai Ustadz sehingga hati Uztadz dipenuhi cinta dan semangat persatuan dan kesatuan khususya di bulan kemerdekaan ini dalam pemberitaan ajaran agama yang intinya selalu kasih & cinta. Salam perdamaian Indonesia penuh kasih,” tutup Pastor Gilbert. (Elhas-harianindo.com)