Jakarta – Anggaran untuk gaji PNS tidak naik pada tahun 2020, namun, pemerintah masih memberikan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 pada tahun depan.

Bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) alias PNS tidak usah berkecil hati. Pencairannya terjadi secara dirapel sejak April tahun ini.

“Kita menjaga komitmen untuk mendukung reformasi birokrasi supaya tetap berikan pelayanan yang lebih baik. Haknya kita jaga untuk memacu motivasi,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani saat ditemui beberapa waktu lalu.

Besaran THR dan gaji ke-13 pemerintah memberlakukan besarannya sama dengan gaji yang diterima satu bulan sebelumnya alias take home pay (THP).

Pemerintah akan memulai menyiapkan aturan untuk gaji ke-13 dan THR bagi pegawai negeri sipil (PNS) tahun depan. Pemerintah akan melihat apakah perlu menyiapkan aturan baru atau pakai yang sudah ada.

Pemerintah akan mulai menyiapkan RPP-nya pada awal tahun depan. Namun jika tidak perlu mengganti aturan maka yang jadi landasan hukumnya sama seperti PP yang dipakai tahun ini.

Pemerintah mulai memberikan THR dimulai tahun 2016 sedangkan gaji ke-13 sudah dilakukan sejak dirinya memimpin pada 2015. (NRY-harianindo.com)