Jakarta – Horas Bangso Batak (HBB) melayangkan laoran untuk Ustaz Abdul Somad atau UAS ke Polda Metro Jaya. Laporan tersebut terkait ucapan UAS yang membahas salib yang kemudian viral di media sosial.

“Maksud kedatangan kami di sini bahwa jangan ada lagi ustaz-ustaz lain atau pendeta atau pastur lain yang menghina atau menista agama karena kita umat yang saling mengasihi, menghargai satu sama lain,” kata Kuasa Hukum HBB, Erwin Situmorang kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (19/08/2019).

Menurut Erwin pelapor dalam hal ini bernama Netty Farida Silalahi yang juga sebagai anggota HBB. Kliennya disebutnya merasa dirugikan dengan ucapan UAS itu.

“Seperti kita ketahui ceramah beliau di Pekanbaru itu yang menyatakan bahwa salib itu di dalamnya ada iblis dan kafir, ada jin dan menyatakan juga di ambulans bahwa itu ada lambang kafir itu pernyataan yang tidak benar,” tegas Erwin.

“Ada beberapa pernyataan juga yang dari pemeluk agama muslim yang menyatakan bahwa pernyataan Ustaz Abdul Somad itu keliru. Jadi kami sendiri di sini sebagai umat kristiani namun sesama umat muslim juga keberatan atas pernyataan yang disampaikan oleh beliau,” sambungnya.

“(Pertama kali tahu ucapan Ustaz Somad) dalam WhatsApp grup HBB. Kita juga sudah mendapatkan info bahwa teman-teman kita yang di Medan akan membuat laporan di Polda Sumut,” kata Netty.

Laporan tersebut bernmor polisi LP/5087/VIII/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus tanggal 19 Agustus 2019. Pelapor dalam hal ini Netty sendiri dan terlapor Ustaz Abdul Somad. (NRY-harianindo.com)