Jakarta – Pada era kiwari, meraih gelar pendidikan tinggi sudah menjadi sesuatu yang lumrah bagi banyak orang. Meskipun demikian, untuk mendapat satu gelar saja membutuhkan perjuangan yang keras. Rupanya, ada seseorang yang tidak hanya mendapat satu atau dua gelar, tetapi hingga 13 gelar.

Yunita adalah seorang dosen yang mengajar di Universitas Tarumanagara (Untar). Hingga kini, terhitung ia telah mendapat 13 gelar yaitu Dr Dr SE MM MBA MSi MT MH MPD MAK ME MIKOM MMSI.

Dari 13 gelar yang diperoleh, Yunita menyandang predikat cum laude sembilan kali, enam kali lulusan terbaik, dan mendapat IPK 4,00 sebanyak tiga kali. Gelar tersebut ia dapat setelah menjalani studi di satu universitas luar negeri, Untar, Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Trisakti dan Universitas Mercu Buana.

Ketika ditanya, ia mengaku bahwa rahasia di balik raihan 13 gelar tersebut adalah tata kelola waktu yang harus diperhatikan baik-baik.

“Mesti pintar dalam mengelola time management. Jangan mudah stres apabila mengalami kendala. Semua pasti ada solusinya apabila disikapi dengan bijaksana. Harus bisa meranking prioritas mana yang mesti didahulukan. Jadi semua bisa terlaksana dengan baik, dengan efisiensi waktu yang optimal,” ungkap Yenita pada Selasa (20/08/2019).

Selama menjalani masa studi, ia mengakui bahwa ada saja permasalahan yang menghadang. Namun, baginya konsistensi untuk memulai dan mengakhiri studi membuat dirinya mampu menyelesaikan 13 studinya.

Yenita mendapatkan dua gelar doktor secara hampir bersamaan. Pada Januari 2019 dan Juli 2019, dua gelar doktor tersebut resmi tersemat di namanya. Baginya, butuh perjuangan yang luar biasa ketika mendapat dua gelar doktornya itu.

“Nah itulah tantangan tersendiri yang mesti dihadapi, apabila berhasil menjalani segala bentuk permasalahan tersebut, maka banyak hal-hal positif yang dapat kita renungkan sebagai pembelajaran baru agar di kemudian hari, apabila menghadapi situasi yg sama kita jadi lebih kuat,” tandasnya. (Elhas-www.harianindo.com)