Jakarta – Setelah sebelumnya sempat dibongkar, lokasi tempat instalasi seni bambu Getah Getih beralih fungsi. Di titik yang sama di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, kini terlihat hiasan berupa bunga-bunga dan bebatuan yang ditata dengan apik.

Instalasi batu yang ditumpuk tersebut nampak diikat dengan kawat di sekelilingnya. Di atas tumpukan batu itu, bunga-bunga hias yang diletakkan nampak cantik.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati, susunan batu yang dinamakan gabion itu memang dimaksudkan untuk mempercantik sudut kota.

“Ada tiga pilar susunan batu atau biasanya disebut dengan Gabion (bronjong) dan kami pasang sejumlah tanaman diatasnya,” kata Suzi pada Rabu (21/08/2019).

Tak hanya itu, pemasangan instalasi batu dan bunga-bunga hias di kawasan Bundaran HI itu juga dimaksudkan sebagai cara untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta melalui tumbuhan-tumbuhan penyerap polusi. Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Gubernur nomor 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

“Kami tanami tanaman polutan seperti Bogenvil, Loly pop dan Sansiviera,” ujar dia.

Sebelum digantikan oleh Gabion, titik tersebut merupakan tempat instalasi seni bambu Getah Getih. Dibangun dengan biaya Rp 550 juta, Getah Getih dimaksudkan untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018. Namun beberapa bulan lalu instalasi ini dibongkar setelah mengalami kerusakan. (Elhas-harianindo.com)