Jakarta – Masduki Baidlowi, selaku Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi berkeinginan terkait persoalan video ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang viral di media sosial tak berlanjut ke ranah hukum. UAS hari ini telah mendatangi MUI untuk menjelaskan peristiwa sebenarnya yang ada di dalam video tersebut.

“Maka kami memanggil di sini supaya reda dan jgn masuk ke ranah hukum. Ini masuk ke wilayah yang sifatnya kultural yang sifatnya antar sesama tokoh agama,” kata Masduki di Gedung MUI, Jakarta Pusat, Rabu (21/08/2019).

Masduki menyatakan bila itu tetap diproses ke dan dilanjutkan ke meja hijau, maka ke depannya nanti akan timbul konflik antar agama. Sebab, di medsos pun bertebaran video yang berkonten menjelek-jelekkan ajaran agama Islam.

“Karena ternyata sudah ada video-video viral yang lain, umat islam merasa tersinggung oleh video yang viral itu. Jadi ini tidak akan selesai, nanti masuk lagi ke wilayah hukum,” ujarnya.

“Ketika selesai pilpres yang hangat itu kita sedang ingin menjahit dan ingin mendinginkan suasana. Jangan kemudian melebar lagi. Jadi itulah tujuan kami dalam rangaka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata dia.

Ustadz Abdul Somad ?dilaporkan oleh beberapa pihak ke kepolisian karena ceramahnya tersebut diduga telah menistakan simbol agama lain. (NRY-harianindo.com)