Jakarta – Hidup di negara dengan tradisi keagamaan yang kuat, masyarakat Indonesia selalu merayakan hari-hari besar agama dengan animo yang tinggi. Terlebih di era kiwari, banyak orang-orang yang gemar berbagi momen perayaan melalui gawai pribadi masing-masing.

Kalau yang dibagikan adalah momen kebersamaan masih biasa saja. Namun yang bermasalah itu ketika yang dipamerkan oleh orang-orang justru saat-saat beribadah. Masalahnya, ajaran agama jelas melarang perbuatan memamerkan ibadah kepada orang lain.

Mungkin atas dasar itulah, sejumlah orang tergerak untuk membuat meme soal perilaku pamer ibadah para netizen. Mereka ingin menyindir orang-orang yang mereka sebut norak karena ingin menampilkan citra diri sebagai sosok yang suka beribadah.

Meme satu ini contohnya. Menggunakan referensi dari karakter Ned Stark di serial ‘Game of Thrones’, meme ini seolah mengingatkan para netizen untuk mengantisipasi perilaku orang-orang menjelang momen besar keagamaan seperti Bulan Ramadan. Di bulan itu, banyak orang-orang yang akan membanjiri linimasa dengan foto-foto kegiatan ibadah seperti Salat Tarawih dan foto-foto bertema religi lainnya.

Memasuki Hari Raya Idulfitri pun juga demikian. Ketika seharusnya umat Muslim khusyuk mengikuti jalannya Salat Ied, ada saja yang malah berswafoto ketika masih mengenakan mukenah.

Yang satu ini menyindir kelakuan netter yang ironis. Tulisannya berkata tak perlu mengumbar ibadah di sosmed, akan tetapi yang terpampang di foto malah sebaliknya.

Ada lagi yang mengatakan kalau ibadah apa-apa selalu update status di banyak media sosial, justru akan membuat bingung malaikat pencatat amal. Karena urusan catat-mencatat malah dilakoni netizen.

Karena seyogianya, ibadah itu adalah urusan seorang hamba dengan Tuhannya. Maka tak sepatutnya diumbar-umbar ke publik demi mendapat pujian.

(Elhas-harianindo.com)