Yerusalem – Israel klaim Palestina telah tembakkan roket selama 5 kali di jalur Gaza. Tembakan tersebut diduga dilakukan oleh Milisi Palestina. Kejadian tersebut tepat pada hari Rabu (21/08/2019).

Roket tersebut dilontarkan pada tengah malam, pernyataan tersebut berdasarkan laporan dari tentara Israel. Akan tetapi, mereka tak menjabarkan lebih lanjut sasaran dan dampak dari serangan itu.

Sejumlah media Israel melaporkan bahwa aparat setempat mendeteksi roket itu mengarah ke lapangan terbuka sehingga alarm di sekitar lokasi tidak berbunyi. Berdasarkan keterangan Militer Israel serangan kelima dalam enam hari belakangan. Sebelumnya, milisi Palestina di Jalur Gaza menembakkan tiga roket pada Sabtu malam.

.

Saat ini situasi di sekitar Jalur Gaza memang kian tegang dalam sebulan terakhir. Pada Minggu, tiga warga Palestina tewas di tangan tentara Israel di utara Jalur Gaza. Sebelumnya, seorang warga Palestina melakukan tembakan ke arah tentara Israel yang berjaga di sepanjang perbatasan. Pria itu tewas ketika para tentara membalas tembakan tersebut.

Sejak Maret 2018 ketegangan di Jalur Gaza meningkat, ketika warga Palestina menggelar aksi demonstrasi besar-besaran rutin setiap Jumat. “The Great March of Return” itu dilakukan sebagai bentuk protes rakyat Palestina. Mereka menuntut hak untuk kembali ke tanah yang diduduki Israel sejak 1948. (NRY-harianindo.com)