Jakarta – Moeldoko, Kapala Kantor Staf Kepresidenan mengatakan ada pihak yang tak menginginkan Papua sejahtera. Menurut Moeldoko pihak tersebut adalah kelompok bersenjata dan poros politik yang sengaja mengganggu pembangunan pemerintah di Papua.

“Memang kita cermati dari perkembangan Papua itu ada sebuah kecemasan yang nyata dari para kelompok itu. Saya katakan ada kelompok bersenjata dan kelompok poros politik (tak suka) perkembangan Papua semakin baik,” ucap Moeldoko kepada awak media di Hotel Aryaduta, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (22/08/2019).

Menurut Moeldoko, kelompok tersebut takut jika masyarakat Papua tak bisa lagi dipengaruhi untuk memuluskan kepentingan mereka lantaran masyarakat Papua sudah maju.

“Tujuannya apa? Tidak ingin Papua maju dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan,” jelas Moeldoko.

“Sangat tidak masuk akal dalam satu sisi pemerintah sedang gencar pembangunan infrastruktur, sisi yang lain ada yang dibakar dan seterusnya. Inilah upaya-upaya nyata mereka karena cemas. Mereka tidak ingin masyarakat Papua maju,” tegasnya.

Masyarakat Papua serta para tokoh agama dan tokoh adat dihimbau ntuk memahami situasi saat ini. Himbauan tersebut diserukan oleh Mantan Panglima TNI.

“Karena memang ada upaya untuk tidak menginginkan Papua maju baik kelompok bersenjata maupun kelompok sayap politik ya,” pungkasnya. (NRY-harianindo.com)